Malware adalah software yang mencurigakan yang dapat menginstall sendri tanpa kita ketahui. Bahayanya, malware itu akan melakukan sesuatu yang tidak kita inginkan, misalnya dengan menghapus file-file, atau mengganti tampilan di layar, atau melakukan laporan-laporan rahasia atas semua aktivitas anda, atau ‘nebeng’ jalur Internet anda untuk mengirimkan file-file aneh sehingga menyebabkan PC bekerja lebih keras dan dapat membuat bandwith internet kita membludak tagihannya.

Jenis-jenis malware  itu:
1. Virus
Inilah istilah yang sering dipakai untuk seluruh jenis peangkat lunak yang mengganggu komputer. Bisa jadi karena inilah tipe malware pertama yang muncul.
2. Worm
Worm alias cacing, begitu sebutannya. Kalau virus bersarang pada suatu program atau dokumen, cacing-cacing ini tidak demikian. Cacing adalah sebuah program yang berdiri sendiri dan tidak membutuhkan sarang untuk menyebarkan diri.
3. Wabbit
Istilah ini mungkin asing, tapi memang ada malware tipe ini. Seperti worm, wabbit tidak membutuhkan suatu program dan dokumen untuk bersarang. Tetap berbeda dengan worm yang menyebarkan diri ke komputer lain menggunakan jaringan, wabbit menggandakan diri secara terus menerus di dalam sebuah komputer lokal dan hasil penggandaan itu akan menggerogoti sistem sehingga menyebabkan komputer berjalan lambat.
4. Keylogger
Hati-hati kalau berinternet di warnet atau di kantor yang mempunyai aturan ketat. Bisa saja pada komputer itu diinstali suatu perangkat lunak yang dikenal dengan istilah keylogger yang mencatat semua tekanan tombol keyboard. Catatan yang disimpan dalam suatu file yang bisa dilihat kemudian itu lengkap. Di dalamnya bisa terdapat informasi seperti aplikasi tempat penekanan tombol dilakukan dan waktu penekanan. Dengan cara ini, seseorang bisa mengetahui username, password, dan berbagai informasi lain yang dimasukkan dengan cara pengetikan.
5. Browser Hijacker
browser hijackermengarahkan browser yang seharusnya menampilkan situs yang sesuai dengan alamat yang dimasukkan ke situs lain.
6. Troya
Bisa saja suatu program dibuat seolah-olah adalah antivirus gratis. Memang program itu menghapus suatu virus, tapi ternyata selain itu, ia juga memasukkan virus lain ke dalam komputer. Bedanya dengan virus dan worm, Troya tidak dapat menggandakan diri. Tapi virus atau worm yang “nebeng” di dalamnya bisa saja.
7. Spyware
Spyware adalah perangkat lunak yang mengumpulkan dan mengirimkan informasi tentang pengguna komputer tanpa diketahui oleh si pengguna itu. Informasinya bisa saja yang tidak terlampau berbahaya seperti pola berkomputer, terutama berinternet, seseorang, sampai yang berbahaya seperti nomor kartu kredit, PIN untuk perbankan elektronik (e-banking), dan password suatu akun.
8. Backdoor
Ratware adalah sebutan untuk backdoor yang mengubah komputer menjadi zombi yang mengirimkan spam. Backdoor lain mampu mengacaukan lalu lintas jaringan, melakukan brute force untuk meng-crack password dan enkripsi, dan mendisitribusikan serangan distributed denial of service (DDoS).
9. Dialer
Hati-hati apabila koneksi Internet di rumah Anda menggunakan dial-up. Andaikata komputer yang digunakan, tak ada hujan tak ada badai, berusaha menghubungkan diri ke Internet. Padahal tidak ada satu pun perangkat lunak yang dijalankan membutuhkan koneksi, maka layaklah dicurigai. Komputer kemungkinan telah terjangkit oleh malware yang terkenal dengan istilah dialer.

Jadi berhati hatilah dalam berselancar didunia internet dan pasanglah antivirus yang bener bener kita percayai cobalah yang gratis dulu, bila dapat memuaskan kita cobalah yang berbayar.

Nah, omong-omong soal malware berikut ini ada saya punya AntiMalware’s Portable update tanggal 26 maret 2009. Bagi yang suka berselancar internet sepertinya ini bisa sangat membantu.
di mari bOoss

Sebenarnya saya ada cara buat membersihkan Malware (virus, worm, spyware dll). Ada tiga langkah/tahap yang biasa saya gunakan yaitu:
1. Scan komputer (dari serangan virus, worm, spyware dll) melalui DOS.
2. Scan komputer (dari serangan virus, worm, spyware dll) menggunakan SmadAV
3. Scan komputer (dari serangan virus, worm, spyware dll) menggunakan AntiMalware’s
Setelah melakukan tiga langkah/tahap ini biasanya komputer menjadi bersih dan segar kembali seperti sediakala.b\<

Dikutip dari ayat -ayat Google